LAPORAN PRAKERIND
PERAWATAN DAN PERBAIKAN
SISTEM REM CAKRAM
PADA KENDARAAN HONDA
CIVIC FERIO
DI BENGKEL “WARIS MOTOR” KEBUMEN
Diajukan untuk memenuhi syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri Nusawungu
Disusun Oleh :
Nama : Deni
Adi Nugroho
Tingkat : XII (Dua belas)
NIS : 1731
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kopetensi Keahlian : Teknik
Kendaraan Ringan
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
Jln.
Perintis-Klumprit-Nusawungu Telp/Fax/(0282) 5500450
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan prakerind ini
telah disetujui oleh pembimbing sekolah dan disahkan oleh Kepala SMK Negeri
Nusawungu pada :
Hari
:
Tanggal
:
Ketua
Progam Keahlian
Teknik
Otomotif
Nano Setiana, S.Pd
NIP. 1961122 200701 1 002
|
Nusawungu,
4 September 2014
Disetujui
Pembimbing
Sekolah
Heru Widiantoro,S.Pd
NIP. 19840816 200903 1 006
|
Mengetahui
Kepala SMK Negeri Nusawungu
Drs.
Akhmad murwanto,M.Pd
Pembina
NIP. 19670723 199303 1 007
|
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI
Laporan prakerind ini
telah disetujui oleh pembimbing industri Bengkel Mobil “WARIS MOTOR” Kebumen pada :
Hari
:
Tanggal
:
Mengetahui
Kepala
Bengkel Mobil
WARIS MOTOR Kebumen
Nanang Budy S.
|
Kebumen,
10 2013ober2011
Pembimbing Industri
Nanang Budy S.
|
LEMBAR PENGUJIAN
Laporan Prakerind ini
telah diuji dan dipertahankan dihadapan penguji sekolah pada :
Hari,
Tanggal :
Tempat
:
Tempat :
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Penguji I
NIP. 008
|
Nusawungu, 2014
Penguji II
NIP.
|
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1. Disiplin
merupakan kunci utama menuju sukses.
2. Jalani
semua aktifitas dengan niat beribadah kepada Alloh SWT.
3. Kegagalan
adalah awal dari keberhasilan yang tertunda.
4. Pekerjaan
sekecil apapun pasti ada manfaatnya.
5. janganlah
merasa tidak bisa sebelum mencoba.
6. Awali kegiatanmu dengan berdoa
7. Belajarlah
untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk
akhiratmu seolah-olah engkau akan mati esok hari.
8. Ilmu adalah sumber dari segala hal
PERSEMBAHAN
1. Kedua
orang tua saya yang telah memberikan do’a dorongan semangat dan telah membiayai
saya dalam menuntut ilmu sehingga dapat berjalan dengan lancar.
2. Bapak
kepala SMK Negeri Nusawungu.
3. Bapak
Ketua Program keahlian Teknik Otomotif.
4. Bapak,
Ibu Guru dan karyawan SMK Negeri Nusawungu.
5. Bapak
Pembimbing penulisan dan penyusunan laporan prakerind.
6. Bapak
kepala Pimpinan bengkel; “WARIS
MOTOR”
Kebumen.
7. Teman-teman
seperjuangan.
8. Pembaca
yang budiman.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat serta segala karunianya, sehingga
laporan prakerind ini telah berhasil disusun penulis dengan baik. Laporan ini
dibuat setelah penulis melaksanakan kegiatan prakerind di industri atau bengkel
selama tiga
bulan, yaitu dari tanggal 01 Februari
2014 sampai dengan 31
Mei 2014. Kegiatan prakerind dilaksanakan
sebagai salah satu program pendidikan sistem ganda yang diterapkan di Sekolah
Menengah Kejuruan khsusnya di SMK Negeri Nusawungu.
Pada kesempatan ini
penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang
berperan serta turut membantu dalam terselesainya laporan prakerind ini.
Terutama yang terhormat penulis
tujukan kepada :
1.
Bapak Drs.Akhmad Murwanto,M.Pd, selaku kepala
SMK Negeri Nusawungu.
2.
Bapak Nanang Budy S. selaku pimpinan
Bengkel mobil ”WARIS MOTOR”
Kebumen.
3.
Bapak Drs. Sairun selaku Waka. Humas
DU/DI SMK Negeri Nusawungu.
4.
Bapak Rohman Tri Widayat,S.Pd, selaku pokja prakerind.
5.
Bapak Nano Setiana, S.Pd selaku Kepala
Program keahlian Teknik Kendaraan
Ringan
SMK Negeri Nusawungu.
6.
Bapak Heru Widiantoro,S.Pd selaku guru
pembimbing prakerind.
7.
Bapak Nanang Budy S. selaku pembimbing
industri Bengkel Mobil ”WARIS
MOTOR”
Kebumen.
8.
Kedua orang tua saya yang telah
memberikan bantuan secara moral dan material.
9.
Semua teman-teman seperjuangan khususnya
kelas XII TKR 2
yang selalu menjaga kekompakanya
10. Semua
pihak yang telah membantu baik secara langsung ataupun tidak langsung.
Penulis sangat
menyadari bahwa laporan prakerind ini terdapat banyak kekurangan. Untuk itu,
kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diperlukan oleh penulis demi
perbaikan kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya, penulis
panjatkan do’a dan harapan semoga laporan ini memberi manfaat yang
sebesar-besarnya bagi para pembaca dalam memperluas wawasan serta khasanah tentang
perbaikan dan perawatan sistem rem cakram pada kendaraan Honda Civic Ferio
Nusawungu,
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................ i
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH........................................................... ii
HALAMAN
PENGESAHAN INDUSTRI............................................................iii
HALAMAN
PENGUJIAN................................................................................... iv
HALAMAN
MOTTO DAN PERSEMBAHAN....................................................v
KATA
PENGANTAR..........................................................................................vi
DAFTAR ISI........................................................................................................viii
DAFTAR
GAMBAR............................................................................................ ix
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang............................................................................................. 1
B. Tujuan
Prakerind.......................................................................................... 1
C. Tujuan
Pembuatan Laporan Prakerind.......................................................... 2
D. Alasan
Pemilihan Judul................................................................................. 2
E. Rumusan
Permasalahan................................................................................ 3
BAB
II PELAKSANAAN PEKERJAAN
A. Persiapan
Kerja........................................................................................... 4
B. Keselamatan
Kerja...................................................................................... 4
C. Alat
dan Bahan............................................................................................ 5
D. Langkah
Kerja............................................................................................ 6
1. Komponen
Rem Cakram........................................................................ 6
2. Pembongkaran
dan Pemeriksaan Rem Cakram....................................... 9
3. Perakitan/Pemasangan
Rem Cakram...................................................... 13
4. Membuang
gelembung udara (membleeding)........................................... 16
5. Pemeriksaan
dan Penyetelan tinggi pedal rem.......................................... 18
E. Pengujian.................................................................................................... 19
F. Hasil
Kerja................................................................................................. 20
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................ 21
B. Pengembangan
Produk............................................................................... 21
DAFTAR
PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1.1.... Komponen Rem Cakram............................................................... 6
Gambar
1.2.... Pedal Rem..................................................................................... 6
Gambar
1.3.... Booster Rem.................................................................................. 7
Gambar
1.4.... Master Silinder............................................................................... 7
Gambar
1.5.... Disc Brake..................................................................................... 8
Gambar
1.6.... Pad................................................................................................ 8
Gambar
1.7.... Caliper........................................................................................... 9
Gambar
1.8.... Melepas Baut-baut Caliper............................................................. 9
Gambar
1.9.... Melepas Caliper Pad..................................................................... 10
Gambar
1.10.. Melepas Piston.............................................................................. 10
Gambar
1.11.. Melepas Seal Piston...................................................................... 10
Gambar
1.12.. Mengukur Pad Rem................................................................. .... 11
Gambar
1.13.. Memeriksa Slide Pin..................................................................... 11
Gambar
1.14.. Memeriksa Dust Boot dan
Cylinder Boot...................................... 12
Gambar
1.15.. Seal Piston.................................................................................... 12
Gambar
1.16.. Memeriksa Disc Brake.................................................................. 13
Gambar
1.17.. Memeriksa Kelengkungan Disc...................................................... 13
Gambar
1.18.. Seal Pada Sylinder......................................................................... 14
Gambar
1.19.. Memasang Boot kedalam
Cylinder................................................. 14
Gambar
1.20.. Memasang Piston kedalam
Cylinder............................................... 14
Gambar
1.21.. Menarik Piston keluar............................................................... .... 15
Gambar
1.22.. Memasang Pad Pada Caliper......................................................... 15
Gambar
1.23.. Memasang Caliper.................................................................... .... 15
Gambar
1.24.. Memasang Slang Flexibel............................................................... 16
Gambar
1.25.. Pembuangan Gelembung Udara...................................................... 16
Gambar
1.26.. Cara Membleeding Rem................................................................. 17
Gambar
1.27.. Mengisi Minyak Pada
Reservoir.................................................... .17
Gambar
1.28.. Pemeriksaan Reaksi Pedal.............................................................. 18
Gambar
1.29.. Mengukur Jarak Pedal dengan
lantai kendaraan............................... 18
Gambar
1.30.. Switch Lampu Rem......................................................................... 19
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) merupakan suatu
upaya yang dilakukan oleh semua sekolah kejuruan khususnya tingkat SMK, untuk mengenalkan
pada setiap siswanya bagaimana rasanya, caranya mengenal dunia luar (dunia
usaha/industri) dan juga untuk menambah pengalaman khususnya SMK NEGERI
NUSAWUNGU
Dimana selama ini siswa yang melakukan pembelajaran praktek-praktek
dengan skala yang kecil, hal itu membuat siswa merasa bosan dengan itu saja
yang mereka lihat dan lakukan setiap harinya. Untuk mengatasi hal itulah maka
SMK NEGERI NUSAWUNGU mengadakan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) atau yang
selama ini dikenal dengan PKL, (Praktek Kerja Lapangan). Dengan diadakannya
program seperti ini dapat membuat siswa yang dididik akan merasa senang dan
juga menambah pengetahuan mereka.
Selain mereka dapat mengasah kemampuan yang mereka pelajari selama ini di
sekolah, mereka juga dapat mengenal dunia usaha atau lembaga di tempat mereka
magang. Semoga dengan diadakannya program ini pendidikan di negara kita akan
semakin maju dan berkembang khususnya dibidang sekolah kejuruan
B.
TUJUAN PRAKERIN
Pelaksanaan praktik kerja industri
(Prakerin) diselenggarakan Sekolah Menengah Kejuruan dengan tujuan :
1.
Meningkatkan mutu dan melevansi pendidikan kejuruan melalui peran dunia
industri/ usaha
2.
Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja
yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
3.
Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang
menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
4.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari
proses pendidikan.
5.
Meningkatkan efesiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui
pendayagunaan sumber daya pendidikan yang ada di dunia kerja.
C. TUJUAN
PEMBUATAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Disamping tujuan pelaksanaan praktek
kerja industri tersebut,tujuan penulisan laporan prakerin ini Sebagai berikut:
1)
Siswa mampu memahami ,menetapkan dan mengembangkan
pelajaran yang dihapus dari sekolah dan menerapkan nya didunia usaha kerja,
2)
Siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah kejuruan
sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan,
3)
Menyimpulan data,guna kepentingan pribadi siswa
4)
Menerapkan gambaran yang seharusnya dalam melaksanakan
praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan dalam mengikuti
praktek kerja
D. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Adapun alasan menyusun laporan ini :
1.
Rem mempunyai peranan penting pada
kendaraan.
2.
Penyusun serung melakukan pekerjaan ini
di bengkel tempat prakerind.
3.
Penyusun lebih tertarik pada rem cakram
karena lebih mudah dalam perawatanya.
4.
Penyusun ingin lebih memperdalam tentang
rem cakram baik komponenya maupun fungsinya
E.
RUMUSAN MASALAH
Dalam laporan prakerind ini penyusun merumuskan
beberapa masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana cara kerja rem cakram dan
komponen apa saja yang terdapat pada rem cakram ?
2.
Bagaimana urutan pembongkaran rem cakram?
3.
Bagaimana cara memperbaiki sistem rem
cakram dan perawatanya?
BAB II
PELAKSANAAN PEKERJAAN
A. PERSIAPAN
KERJA
Sebelum melaksanakan pekerjaan, sebaiknya perlu
diperhatikan persiapan-persiapan kerja yang dibutuhkan. Agar dalam pengerjaanya
kita lebih mudah dan siap.
Adapun
1.
Dalam melakukan pekerjaan hendaknya
menggunakan pakaian kerja sebelum mulai kerja.
2.
Apabila kita hendak melakukan suatu
pekerjaan alangkah baiknya kita mempersiapkan dahulu peralatan-perlatan yang
dibutuhkan dalam pekerjaaan tersebut. hal ini bertujuan untuk mempermudah kita
dalam proses pengerjaanya.
3.
Segera mulai bekerja apabila semua alat
yang dibutuhkan telah siap.
4.
Hal terpenting dalam melakukan suatu
pekerjaan diantaranya adalah konsentrasi, janganlah kilat dalam melakukan suatu
pekerjaan, karena bisa mengakibatkan kefatalan pada diri kita dan tentunya pada
alat dan job yang sedang di kerjakan.
B. KESELAMATAN
KERJA
Keselamatan kerja adalah hal yang sangat penting dan
pokok, karena dibutuhkan dalam melakukan suatu pekerjaan dan selain itu juga
keselamatan kerja menyangkut keselamatan pekerja, yang dikerjakan dan yang
lainya (disekitarnya) termasuk jiwa dan raga pekerja yang juga dapat
mempengaruhi hasil dari pekerjaan tersebut. Hal-hal yang menyangkut keselamatan
kerja diantaranya adalah :
1.
Berdo’a sebelum memulai pekerjaan.
2.
Gunakan pakaian kerja (wear pack) .
3.
Pilih tempat yang efesien dan kuat dari
bagian bawah mobil pada saat mobil mulai didongkrak.
4.
Gunakan alat sesuai dengan fungsinya.
5.
Jangan bersendaugurau dalam melaksanakan
pekerjaan,.
6.
Berhati-hati serta berkonsentrasi saat
melakukan pekerjaan.
7.
Rapikanlah kembali alat-alat setelah
selesai bekerja.
8.
Berdoa setelah usai melakukan pekerjaan.
C. BAHAN
DAN PERALATAN
Bahan
dan peralatan yang akan diperlukan antara lain sebagai berikut :
1. Alat
Daftar
bahan yang diperlukan antara lain :
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
Kunci Roda
Dongkrak Buaya
Jack Stand
Obeng
Tang Kombinasi
Kunci Ring
Kunci Pas
Slang Transparan
Mikrometer
Kunci Nipple
Botol Minyak Rem
|
General
5
Ton
2 Ton
(+) dan (-)
General
12,14 mm
14 mm
50 cm
50-75 mm
10 mm
General
|
1
1
2
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah
|
2. Bahan
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
1
2
3
4
|
Mobil
Minyak Rem
Vaseline
Amplas Halus
|
Honda civic
Dot 3
General
No. 500
|
1
1
1
1
|
Unit
Botol
Kaleng
lembar
|
D. LANGKAH
KERJA
Rem dirancang
untuk mengurangi (memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan
parkir pada tempat yang menurun. Hal ini sangat penting pada kendaraan dan
berfungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman.
1.
Komponen Rem Cakram
Sebelum
melaksanakan perbaikan dan pemeriksaan pada rem cakram kita harus mengetahui
komponen rem cakram agar lebih mudah dalam melakukan pekerjaan.
Gambar
1.1
Komponen
Rem Cakram
Fungsi
komponen umum rem cakram
a. Pedal Rem
Pedal
rem digunakan umtuk menekan minyak rem melalui piston yang ada pada master
silinder.
Gambar
1.2
Pedal
Rem
b.
Booster
rem
Untuk
memperbesar gaya pengereman diperlukan perlengkapan tambahan. perlengkapan tambahan tersebut disebut booster rem.
Gambar
1.3
Boster
Rem
c. Master Silinder
Gambar 1.4
Master Silinder
d. Piringan (Disc Rotor)
Piringan
terdiri dari besi tuang kelabu berbentuk bulat yang dipasang atau di satukan
dengan roda berputar. Piringan juga ikut berputar. Piringan merupakan bagian
yang secara langsung menghasilkan pengereman dengan adanya gesekan dari brake
pad. Adapun jenis piringan yang diberi lubang (ventilator) dan tipe biasa
(solid). Piringan dengan ventilator berfungsi untuk meningkatkan efesiensi
pendingjnan pada piringan.
Gambar
1.5
Disc
Brake
e. Pad
Pad
dibuat dari metallic fiber dicampur dengan sedikit serbuk besi. Fungsinya
adalah untuk memberikan gesekan terhadap piringan pada saat tekanan hidrolik
dari master silinder.
Gambar
1.6
Pad
f. Caliper
Caliper
juga disebut grinder body, caliper ini memegang piston dan dilengkapi dengan
saluran dimana minyak rem disalurkan ke cylinder. Yekanan hidrolik dari master
cylinder mendorong piston dan menekan pad ke rotor disc. ini menyebabkan
caliper bergerak dan menjepit cakram melalui pad yang satu dan terjadilah
pengereman.
Gambar
1.7
Caliper
2.
Pembongkaran dan Pemeriksaan Rem Cakram
a.
Pembongkaran
1)
Sediakan alat yang diperlukan
2)
Lakukan langkah-langkah berikut ini :
a)
Kendorkan mur roda menggunakan kunci
roda
b)
Angkat kendaraan menggunakan dongkrak
dan pasang jack stand pada bagian bawah mobil
c)
Lepas roda
3). Lepaskan baut moonting, slang flexible dari capiler,
tamping minyak rem yang keluar dari slang. Lepaskan baut-baut pin caliper,
caliper dan pads.
Gambar
1.8
Melepas
Baut-baut Caliper
4). Lepaskan caliper dan
pad. Bersihkan pad menggunakan kompresor
Gambar
1.9
Melepas
Caliper Pad
Rem
kemudian semprotkan udara kompresor kedalam lubang baut dimana slang flexible
terpasang dan piston akan keluar, lakukan dengan hati-hati
Gambar
1.10
Melepas
Piston
5). Lepas
seal piston dengan fuller atau dengan yang lainya
Gambar
1.11
Melepas
Seal Piston
6). Amplas
permukaan luar piston dengan amplas halus untuk menghilangkan karat. Begitu
juga bagian dalam silinder, setelah selasai , cuci piston dan caliper dengan
aur dan semprot dengan kompresor.
b.
Pemeriksaan
Sebelum
merakit atau memasang rem cakram, periksa bagian-bagian rem
1) Pemeriksaan
Pad
Periksa ketebalan pads, bila diluar
batas service ganti dengan yang baru.
ketebalan pads + rim = 15,0 mm
Batas limit = 6,5 mm
Gambar 1.12
Mengukur Pad Rem
2) Pemeriksaan
Parts dalam caliper
a)
Cylinder slide guide pin
Periksa apakah guide
pin dapat bergerak dengan lembut bila ada kelainan ganti segera. Berikan grease
pada bagian luar guide pin.
Gambar 1.13
Memeriksa Guide rem
b)
Bush dust boost dan cylinder boot
Periksa boot dari
kerusakan, retak (pecah). Bila perlu ganti.
Gambar 1.14
Memeriksa dust boot dan cylinder boot
c)
Piston seal
Keausan yang tidak
merata atau tipis dari pads dapat mengakibatkan pembalikan piston tidak lancer,
dalam hal ini ganti seal piston.
Gambar 1.15
Piston Seal
3) Pemeriksaan
permukaan disc
a)
Periksa permukaan disc apakah
bergaris-garis (pada permukaan yang halus). Bila hal ini terjadi adalah normal,
tetapi bila garis-garis tersebut agak kedalam atau seluruh permukaan
bergaris-garis gantilah disc.
Ketebalan
disc : 17 mm
Batas
: 15 mm
Gambar 1.16
Memeriksa Disc Brake
b)
Untuk mengatur kelengkungan disc, buat
dus tanda pada keliling tengah dan tengah disc dengan menggunakan dial gauge.
Gambar 1.17
Memeriksa Kelengkungan Disc
c)
Periksa bearing roda depan apakah kendur
sebelum dilakukan pengukuran.
3.
Perakitan/Pemasangan
Sebelum
merakit rem cakram, perhatikan hal-hal berikut :
a)
Semua parts harus benar-benar bersih
sebelum dipasang.
b)
Jangan menggunakan thinner atau cakram
lainya, gunakan minyak rem.
Berikut
adalah langkah-langkah merakit rem cakram :
a)
Sebelum memasang, piston dan seal piston
ke silinder, lumasi dahulu dengan minyak rem.
b)
Pasang seal pada silinder
c)
Sebelum memasukan piston ke silinder,
pasang boot ke piston lebih dahulu
Gambar 1.18
Seal Pada Cylinder
d) Pasang
boot ke celah dalam silinder
Gambar 1.19
Memasang boot kedalam cylinder
e)
Pasang piston kedala silinder
Gambar 1.20
Memasang Piston
f)
Untuk memastikan bahwa boot terpasang
dengan baik, tarik piston keluar perlahan-lahan tetapi jangan sampai keluar
seluruhnya, masukan kembali piston ke silinder, lakukan dengan tangan
Gambar 1.21
Menarik Piston Keluar
g)
Pasang pads pada caliper carrier
Gambar 1.22
Memasang Pad Pada Caliper
h)
Pasang caliper ke caliper carrier,
kencangkan baut-baut pin sesuai dengan spesifikasi.
Gambar 1.23
Memasang Caliper
i)
Pasang slang flexible dan kencangkan
baut-baut mountingnya sesuai dengan spesifikasi
Gambar 1.24
Memasang Slang Flexibel
4.
Membuang gelembung udara (membleeding)
dari saluran rem hidrolis
Setelah
selesai melakukan pemasangan caliper, lamgkah selanjutnya adalah membuang
udara, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a)
Pekerjaan ini dilakukan oleh dua orang.
asisten duduk di tempat pengemudi
b)
Tambahkan minyak rem ke reservoir,
tinggi permukaan minyak dibawah gari max
c)
Buka tutup-tutup sumbat pembuang udara,
pasang slang plastic pada sumbat pembuang. sedangkan ujung yang satunya lagi
dimasukan kedalam tempat penampung minyak yang bersih.Untuk mencegah agar udara
tidak masuk lagi kedalam cylinder, isi penampung dengan minyak secukupnya
Gambar 1.25
Membuang Gelembung Udara (Membleeding)
d) Asisten
menekan pedal bebrapa kali dan member aba-aba pada teknisi saat pedal rem
sedang ditekan
Gambar 1.26
Cara Membleeding Rem
e)
Teknisi membuka sumbat pembuang
kira-kira ¼ putaran, membuang udara kemudian menutup sumbat sementara asisten
memompa pedal berulang-ulang
f)
Ulangi prosedur 4 dan 5 sampai tidak ada
gelembung udara yang keluar dari slang
g)
Periksa tinggi minyak rem tangki
cadangan master cylinder selama melakukan pekerjaan tersebut. Jangan biarkan
reservoir kosong, atur tinggi permukaan minyak rem dengan menambah minyak rem
sampai garis max pada reservoir
Gambar 1.27
Mengisi Minyak rem
h)
Lepaskan kembali slang dari sumbat
pembuang pasang kembali tutupnya
i)
Buang udara dari silinder roda yang lain degan cara
yang sama
j)
Periksa apakah pekerjaan tersebut telah
dilakukan denganbaik, pembuangan udara sudah dilaksanakn dengan baikjika pada
waktu pedal rem ditekan terus terdapat
jarak yang cukup serta reaksi
pedal harus kuat dan tidak terlalu dalam
Gambar 1.28
Pemeriksaan Reaksi Pedal
k)
Periksa kemungkinan terdapat kebocoran
minyak rem, periksa setiap kebocoran dari system rem hidrolis sementara pedal
rem diteka
5.
Pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal
rem
a)
Lipat karpet dibawah pedal rem, gunakan
penggaris, atur jarak antara bagian atas pedal dan lantai
Gambar 1.29
Mengukur Jarak Pedal Dengan Lantai
Kendaraan
b)
Biasanya tinggi pedal rem tidak berubah
secara drastis namun apabila tidak berada dalam nilai spesifikasi, lakukan
penyetelan sebagia berikut :
1)
Lepaskan soket penghubung kabel (1)
yakni kabel untuk switch lampu rem
2)
Kendorkan mur pengunci (3) switch lampu
rem dan putar switch beberapa putaran
3)
Kendorkan mur (4) push rod (5) dan stel
tinggi pedal dengan memutar push rod
4)
Putar kembali switch lampu rem sampai stopper
pedal sedikit menyentuh pelindung, kemcangkan mur pengunci
Gambar 1.30
Switch Lampu Rem
Perhatikan agar stopper pedal dari
switch tidak menyentuh pelindung pedal terlalu keras, sebab kalau terlalu keras
tinggi pedal dapat berkurang
c)
Pasang kembali soket penghubung kabel
switch lampu rem
d) Rapihkan
karpet
E. Pengujian
Dalam pengujian cukup hidupkan mesin lalu masukin
gigi dan jalankan mobil, tekan brake pedal apakah pengereman maksimal atau
dengan cara menekan pedal rem apakah hasil pengereman maksimal atau tidak kalu
hasilnya maksimal berarti pengujian berhasil
F. Hasil
Kerja
Setelah selesai pembongkaran dan penggantian pads
kemudian rem cakram harus distel dan diperiksa apakah hasil/dampak pengereman
maksimal. karena hasil pengereman yang maksimal sangat berpengaruh pada nyaman
atau tidaknya dalam mengendarai kendaraan. selain perbaukan pada cakram,
penyusun juga melakukan pekerjaan lainya yaitu :
1.
Pemasangan pad pada rem cakram
2.
Memasang kembali komponen rem cakram
dengan prosedur yang benar
3.
Pengujian rem cakram dengan prosedur
yang benar
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah penyusun
mengikuti praktek kerja industri, maka penyususn dapat mengambil beberapa
kesimpulan yaitu :
1.
Praktek kerja industri merupakan praktek
kerja yang bermanfaat dan sebagai pengalaman bagi siswa untuk terjun di
masyarakat dan di dunia kerja.
2.
Penyusun mendapat banyak pengalaman dan
pengetahuan yang selama dibangku sekolah belum didapatkan .
3.
Tentang perawatan rem cakram yang
penyusun kemukakan ini adalah mutlak harus sering dialkukan oleh pemilik
kendaraan karena dalam masa pemakaian yang cukup lama komponen-komponenya telah
banyak mengalami perubahan dari spesifikasinya. oleh karena itu untuk
mengkondisikan seperti semula perlu diperlakukan perawatan dan perbaikan
sehingga kerja rem tromol tersebut dapat diandalkan.
B. Pengembangan
Produk
Rem cakram dewasa
ini sangat banyak penggunanya, yang pada umumnya dipasang pada roda depan dan
saat ini sudah menjadi standar pada kendaraan model-model baru. penyusun yakin
dengan waktu dan permintaan konsumen terhadap rem cakram akan banyak dan
penyusun juga yakin dan optimis bahwa rem cakram akan banyak diadopsi sebagai
asesoris maupun modifikasi kendaraan.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto, “TEKNIK MERAWAT MOBIL
LENGKAP”, CV.Krama Widya, Bandung, 2003
http://gunot-brakesistem.blogspot.com/2009/10/cara-pemeriksaan-rem.html
http:// materi-smk-otomotif.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar